Mau Sehat?? Coba Shiatsu!

Mungkin temen2 disini udh pernah denger yg namanya shiatsu (atw bhs indo nya pijat Jepang), atau mungkin ada juga yg udah pernah nyobain ‘dishiatsu’. Shiatsu ini adalah suatu teknik pemijatan tradisional dari Jepang, yang artinya ‘penekananan dengan jari-jari tangan’, dimana kuncinya adalah tekanan dan peregangan pada tubuh (www.essortment.com).

Di Denpasar, lebih tepatnya di Bypass Sanur, ada tempat shiatsu langganan saya. Yang nerapi (tukang pijet??) namanya pak Nusan. Pak Nusan ini emang ahli shiatsu, dan beliau make suatu alat yang namanya ‘Chi-Machine’ buat terapinya. Alat inilah yg menurut pak Nusan sangat banyak manfaatnya,
terutama bagi kita2 yang males olahraga (well, that includes me and you, of course..). Manfaatnya antara lain melancarkan peredaran darah, memperbaiki struktur tulang (bagi yg bongkok atau istilah kerennya skoliosis, or, whatever it is called), dan meningkatkan energi. Saya sendiri udah nyobain make alat ini, dan efeknya emang kerasa banget. Dari yang sering pegel-pegel jadi tambah peg…,eh, jadi seger dan nggak gampang sakit. Bahkan dari pengalaman pak Nusan sendiri, ada beberapa jenis penyakit serius yang bisa disembuhkan dengan terapi Chi-Machine antara lain liver, ginjal, jantung, sinusitis, asma, bahkan kanker.

 Biasanya sebelum terapi kita disuruh berdiri tegak, ntar pak Nusan yang ngira2 kita termasuk sehat atw penyakitan (hehehe…) trus potensi penyakitnya ada dimana aja. Yang jelas ada empat golongan manusia yaitu: sehat, kurang sehat, sakit, ama kronis (biar tau kita masuk golongan yang mana, makanya kesana dulu nanya….). Klo udh diliat2 baru kita di’goyang’ pake chi machine, baru deh di’pegang’ buat nyocokin hasil pengamatan tadi ama kondisi badan kita. Kira2 fase terapinya seperti ini… Goyang2 trus pijet - goyang2 lagi- pijet - goyang2 lagi - pijet - goyang2 lagi – pijet - goyang2 lagi 50x… (well, not that long, actually..:p). Lama& jenis terapinya tentunya disesuaikan dengan penyakit yang dikoleksi.

Yang jelas, terapi ini sangat cocok buat kita2 yang gak sempet (males) olahraga, dan punya ‘kegemaran‘ ngoleksi penyakit. Tempatnya di jl By pass Ngurah Rai deket Sanur Paradise (deket KFC Sanur) disana jg bisa konsultasi ttg kesehatan dan penyakit sama pak Nusan. Jadi kalo mau sehat, coba shiatsu..!

Tidak ada komentar: