Formula 1 2010 Season Preview

Balapan Formula 1 pada musim ini akan sangat berbeda dengan musim sebelumnya, karena banyak perubahan regulasi yg terjadi (walaupun yang paling berpengaruh tentunya ‘cabut’nya pembalap favorit saya Kimi Raikkonen dari Formula 1…:p ). Dimana salah satu perubahan regulasi yang paling signifikan adalah larangan refueling bagi pembalap. Hal ini menyebabkan bertambahnya berat dan perubahan desain mobil, juga dengan signifikan, akibat mobil harus membawa bahan bakar yang cukup sampai akhir balapan. Akibatnya adalah berkurangnya satu elemen strategi yaitu strategi pitstop.
Sebelumnya pembalap dan tim akan menentukan pada saat kualifikasi berapa banyak bahan bakar yang digunakan untuk balapan, yang akan menentukan berapa kali si pembalap masuk pit untuk mengisi bahan bakar. Sekarang pembalap hanya akan masuk pit untuk mengganti ban atau memperbaiki kerusakan (misal: sayap depan patah). Hal itu menurut banyak pengamat akan menyebabkan jalannya balapan menjadi membosankan karena pembalap yang menempati pole position akan memimpin balapan sampai finish (Dengan kata lain tidak banyak perubahan antara posisi start dengan finish kecuali terjadi hujan atau chaos saat start ).
Perubahan yang lain adalah terjadinya pergantian pembalap, antara lain Fernando Alonso yang dikontrak Ferrari untuk menggantikan The Iceman, Jenson Button mengisi kursi di McLaren, Nico Rosberg yang pindah ke Mercedes GP, dan kembalinya legenda Formula 1 Michael Schumacher yang menjadi rekan setim Rosberg. Musim 2010 ini juga dapat dikatakan pertarungan para juara, ada empat pembalap yang pernah merasakan gelar juara dunia yaitu Schumacher (7 kali juara dunia), Alonso (juara dunia 2005&2006), Hamilton (2008), dan Button (2009).
(harusnya ada Räikkönen sang juara dunia 2007..hehe…)
Kita lihat saja apakah nantinya formula 1 menjadi membosankan akibat larangan refueling atau sebaliknya menjadi seru karena pertarungan para juara dunia ini. Just enjoy the show…!!

Tidak ada komentar: